5 Agustus 2013, Gubernur Direncanakan Lantik Bupati Deyai Terpilih

30 Juli 2013 01:46:38

PAPUA - Bila tak ada halangan, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP,MH direncanakan bakal melantik Bupati dan Wakil Bupati Deyai terpilih pada tanggal 5 Agustus 2013 mendatang. Keputusan tersebut diambil sesuai hasil kesepakatan dalam rapat antara Pemerintah Kabupaten Deyai, DPRD Deyai, TNI/Polri serta Pemerintah Provinsi Papua yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua,Drs. Elieser Renmaur, Jumat (26/7) siang.

Jadi hasil rapat ini untuk sementara menyepakati pelantikannya pada 5 Agustus 2013 mendatang. Tapi sekali lagi kita menyesuaikan dengan waktu Gubernur, yang nanti melantik, terang dia kepada pers diruang kerjanya, usai memimpin rapat penentuan waktu pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Deyai.
Lebih lanjut dia mengatakan, selain telah menetapkan tanggal pelantikan, hasil rapat juga menyepakati tempat pelaksanaan pelantikan dilaksanakan di kantor Gubernur Dok II Jayapura.  Alasan ditunjuknya Jayapura sebagai tempat pelaksanaan pelantikan karena kondisi atau situasi keamanan yang dinilai tidak memungkinkan untuk diadakannya sidang paripurna dewan pelantikan Bupati.

 

Selain masalah keamanan, adanya pertimbangan masalah sarana prasarana pelantikan di Deyai yang dinilai tidak memadai dan kurang mendukung. Apalagi di Deyai hujan tidak menentu, kemudian tempat pelantikan di Deiyai itu tidak ada tempat yang memungkinkan sehingga pelantikan diputuskan dilaksanakan di kantor Gubernur, tepatnya di ruang Sasana Krida, jelasnya. Sekedar diketahui, sejak dimekarkan pada 2007 lalu, masyarakat Kabupaten Deiyai baru akan memiliki Bupati/Wakil Bupati definitiv pada tahun 2013 ini.  Proses pemilukada berlangsung lamban karena adanya dualisme dukungan partai politik terhadap salah satu pasangan calon.  Dilain pihak, adanya sengketa pemilukada, menyebabkan Mahkamah Konstitusi akhirnya memutuskan untuk dilakukan pilkada ulang di dua kampung. Sementara itu, berdasarkan hasil pemilukada ulang akhirnya ditetapkan pasangan Dance Takimai dan Agustinus Pigome sebagai Bupati Wakil Bupati terpilih kabupaten Deiyai Periode 2013 -- 2018.


sumber : papua.go.id